Pemalang- Syarat Partai Politik ditetapkan menjadi peserta Pemilu tahun 2019 salah satunya adalah memenuhi syarat dalam Verifikasi Faktual (Verfak) keanggotaan partai. Dalam rangka tahapan verifikasi tersebut, KPU Pemalang mengadakan acara Pengambilan Sampel Verifikasi Faktual untuk Partai Garuda dan Partai Berkarya, Rabu (3/1).


Acara dilaksanakan di Pendopo KPU Pemalang pukul 15.30 wib dan dipimpin oleh Ketua, Abdul Hakim, didampingi oleh anggota Chairul Umam dan Supriyanto. Hadir pula dalam acara tersebut tim penghubung serta pengurus kedua partai dan anggota Panwas Pemalang, Dewi Widiyastuti.


Pengambilan sampel dilakukan oleh pengurus partai, nantinya nomor terpilih akan dijadikan sebagai awal sampel verifikasi faktual keanggotaan partai. Ketua KPU menjelaskan bahwa nomor yang dipilih partai akan dimasukkan dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) dan dilakukan random otomatis.


"Jadi yang merandom anggota partai untuk di-verfak adalah aplikasi Sipol, bukan KPU Pemalang. Rumusnya, nomor awal anggota partai yang pilih tadi diinterval sepuluh dan seterusnya hingga terpenuhi sepuluh persen jumlah anggota partai yang memenuhi syarat administrasi", terang Abdul Hakim.


Ketua KPU Kabupaten Pemalang Abdul Hakim, SHI menegaskan kepada pengurus partai politik agar mempersiapkan persyaratan anggota partai politik yang akan diverifikasi oleh petugas KPU Pemalang dari rumah ke rumah. Persyaratan keanggotaan partai antara lain Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP-el atau Surat Keterangan Kependudukan. Verifikasi faktual oleh petugas akan didampingi oleh Panwas Pemalang.


Sementara itu, menurut Kasubag Hukum KPU Pemalang, Sukiswo, verifikasi faktual Partai Garuda dan Berkarya dijadwalkan mulai tanggal lima sampai tanggal dua belas Januari mendatang. "Bagi anggota yang tidak dapat ditemui pada saat didatangi oleh petugas, maka partai harus menghadirkannya di tempat dan waktu yang ditentukan partai selama masa verifikasi faktual. Aturan verifikasi tersebut diterapkan pula terhadap Partai Perindo dan PSI yang telah diverifikasi KPU Pemalang lebih awal, ujarnya(chu-anv-irf)