PEMALANG- Dua partai politik calon peserta Pemilu 2019, PSI dan Perindo, telah menerima Berita Acara (BA) Hasil Verifikasi Faktual dari KPU Pemalang pada hari Sabtu (6/1) lalu.


Penyampaian BA kepada pengurus partai dilakukan di Pendopo KPU Kabupaten Pemalang pukul 19.00 WIB dan disaksikan pula oleh Panwas Kabupaten Pemalang.


Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Pemalang, Abdul Hakim, didampingi anggota komisioner, Chairul Umam dan Supriyanto.


"Setelah pengurus partai menerima hasil Berita Acara verifikasi faktulini, maka bagi partai yang dinyatakan belum memenuhi syarat wajib memperbaiki data keanggotaannya. Masa perbaikan sampai tanggal 20 Januari 2018 nanti," terang Abdul Hakim.


Abdul Hakim menambahkan bahwa dalam pelaksanaan verifikasifaktual KPU Pemalang berpedoman pada Keputusan KPU Nomor : 174/HK.03.1-Kpt/03/KPU/X/2017 tentang Pedoman Pendaftaran, Penelitian Administrasi, Verifikasi Faktual, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu DPR dan DPRD. "Keputusan tersebut merupakan dasar KPU Pemalang dalam verifikasi dan berlaku sama bagi semua partai yang ditetapkan oleh KPU RI," tegasnya.


Ketua KPU Pemalang menghimbau kepada partai politik calon peserta PEMILU dalam halini PSI dan PERINDO agar segera menindak lanjuti hasil verifikasi faktual.


KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan keanggotaan partai yang belum memnuhi syarat. "Sebelum berakhirnya masa perbaikan keanggotaan, saya menghimbau kepada pengurus partai untuk mengintensifkan komunikasi dengan Helpdesk KPU Pemalang. Hal ini agar proses perbaikan keanggotaan yang dilakukan oleh partai berjalan sesuai aturan," ujarnya. (anv/irf)